ULANGAN TENGAH SEMESTER 2
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas : X MIA
4/5/6
Pilihan Ganda
1. Struktur teks
anekdot adalah….
a. Pernyataan
umum-deskripsi bagian
b. Pernyataan
pendapat-argumentasi-penegasan ulang
c. Orientasi-argumentasi-penutup
d. Pembuka-isi-penutup
e. Orientasi-abstraksi-reaksi-koda
2. Aspek yang harus
ada dalam struktur teks anekdot adalah….
a. abstraksi-orientasi-krisis
b. abstraksi-
krisis-koda
c. orientasi-krisis-koda
d. orientasi-krisis-reaksi
e. krisis-reaksi-koda
3. Bagian yang
menunjukkan situasi awal cerita disebut ….
a. Abstraksi
b. Orientasi
c. Krisis
d. Reaksi
e. Koda
4. Bagian yang
menunjukkan konflik cerita disebut….
a. Abstraksi
b. Orientasi
c. Krisis
d. Reaksi
e. Koda
5. Bagian yang
menunjukkan tanggapan tokoh terhadap konflik disebut ….
a. Abstraksi
b. Orientasi
c. Krisis
d. Reaksi
e. Koda
6. Bacalah teks di
bawah ini dengan cermat!
Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut
yang tenang dan damai. “Seandainya keadaan keluargaku seperti ini pasti
kebahagiaan yang ada”.Tetapi kemudian badai ganas menghadang hingga kapalnya
oleng hampir tenggelam. Kapalnya selamat setelah dia membuang semua muatannya
dengan bersusah payah .kejadiaan tersebut mengingatkan padanya kalau dia
seorang ‘pelaut ulung’. Badailah yang membuatnya ulung. Pikirannya kembali
kepada keluarganya.“Bagaimana kalau istri dan anakku yang kubuang? Apakah saya
akan memperoleh ketenangan dan merasakan kebahagiaan?” ujar si pelaut. Si
pelaut tersenyum-senyum memikirkan istri dan anaknya.
Kalimat yang menunjukkan abstraksi adalah…
a. Seorang
pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai
b. “Seandainya keadaan
keluargaku seperti ini pasti kebahagiaan yang ada”
c. Tetapi kemudian
badai ganas menghadang hingga kapalnya oleng hampir tenggelam.
d. Badailah yang
membuatnya ulung
e. Si pelaut
tersenyum-senyum memikirkan istri dan anaknya.
7. Bacalah teks
berikut ini!
Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “
Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari
banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di
sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan
berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan
menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk
menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”. Mendengar itu
semua anak dan Bu guru tertawa.
Kalimat yang menunjukkan krisis adalah…
a. Suatu hari guru
menerangkan tentang biopori di depan kelas.
b. “Biopori itu bisa
dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya.
c. Sekarang, Ibu beri
tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto.
d. ”Syukurlah
Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan
untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”
e. Mendengar itu semua
anak dan Bu guru tertawa.
8. Susunlah anekdot
berikut ini sesuai dengan strukturnya!
1. Bu guru pun
tersenyum
2. Siapa yang bisa
membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita? Tanya Bu guru di depan
kelas.
3. Bu guru bertanya
kenapa disebut hukum kantong kresek
4. Tidak lama kemudian
seorang anak menjawab dengan lantang
5. Hukum kantong
kresek Bu, kata anak itu.
6. Hanya bisa
menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.
a. 1-2-3-4-5-6
b. 2-4-5-3-6-1
c. 2-4-3-5-1-6
d. 1-2-4-5-3-6
e. 3-2-1-4-5-6
9. Bacalah teks
berikut ini!
Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “
Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari
banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di
sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan
berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan
menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk
menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”. Mendengar itu
semua anak dan Bu guru tertawa.
Pada anekdot tersebut, reaksi yang menjadi koda adalah …
a. Tiba-tiba seorang
anak berkomentar.
b. Mendengar
itu semua anak dan Bu guru tertawa.
c. Biopori itu bisa
dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya
d. Syukurlah Bu, jalan
menuju rumah saya sudah banyak bioporinya
e. Fotonya nanti
ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi
10. Bacalah teks di bawah
ini!
Seorang ayah mengajari anaknya berenang. “Aku tidak mau malu
karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang anak. “Ayah akan ajari dari gaya
tersulit sampai termudah Nak”, jawab ayahnya. Sang anak gembira. Setelah
beberapa hari latihan renang itu, sang ayah tampak bersedih sementara sang anak
tampak gembira. “Terimakasih yah, akhirnya ayah dapat mengajari gaya berenang
yang paling aku kuasai, tapi kenapa ayah bersedih?” tanyanya. “Yang kamu kuasai
itu gaya batu, Nak!”
Kalimat manakah yang menunjukkan orientasi?
a. Seorang ayah
mengajari anaknya berenang
b. Aku
tidak mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang anak.
c. Ayah akan ajari
dari gaya tersulit sampai termudah Nak
d. Terimakasih yah,
akhirnya ayah dapat mengajari gaya berenang yang paling aku kuasai, tapi kenapa
ayah bersedih?
e. Yang kamu kuasai
itu gaya batu, Nak
11. Berikut ini yang
bukan ciri-ciri teks anekdot adalah….
a. struktur teks
orientasi-krisis-reaksi
b. memiliki pesan
moral
c. memiliki unsur lucu
d. berbentuk
cerita
e. menggelitik
12. Kaidah teks
meliputi….
a. pesan
moral, kelucuan/kekonyolan, sindiran, dan kebahasaan
b. struktur, pesan
moral, sindiran, kelucuan/kekonyolan
c. kelucuan/kekonyolan,
sindiran, dan kebahasaan
d. pesan moral,
kelucuan/kekonyolan,sindiran
e. pesan moral,
sindiran, kebahasaan
13. Struktur yang harus
ada dalam teks anekdot adalah….
a. abstraksi-orientasi-krisis-reaksi
b. orientasi-krisis-reaksi
c. orientasi-krisis-koda
d. orientasi-reaksi-koda
e. abstraksi-reaksi-koda
14. Bacalah teks di bawah
ini!
Teks 1
Dono : Besok pagi coblosan, kamu pilih nomor berapa?
Wati : Bagiku semua nomor bagus, saya akan memilih
wakil rakyat yang bisa membawa Indonesia ke kancah internasional.
Dono : Nomor satu atau dua?
Wati : Rahasia, dong!
Teks 2
Di gubuk pinggir
sawah, ada seorang anak kecil dan bapaknya sedang menunggu padi dari serangan
burung.
Anak : Pak, kenapa burung tidak boleh makan padi
kita?
Bapak : Kalau dimakan burung, nanti kita tidak bisa
makan.
Anak : Kalau tidak boleh makan padi, nanti burung
makan apa?Makan batu, Pak?
Hal yang membedakan kedua teks di atas adalah .…
a. bahasa
b. pesan moral
c. unsur
lucu/konyol/jengkel
d. tidak menggunakan
konjungsi
e. tidak menggunakan
perumpamaan
15. Bacalah teks di bawah
ini!
Sebagian besar orang mengatakan bahwa sayang sekali apabila
program akselerasi ditutup karena program ini sudah banyak membuat siswa
berhasil menyelesaikan studi dengan cepat sampai jenjang perguruan tinggi.
Mereka mengatakan bahwa siswa-siswa dari program akselerasi juga dapat
menyesuaikan diri dengan siswa-siswa dari program reguler.
Berikut ini adalah alasan teks di atas bukan termasuk teks
anekdot, kecuali….
a. tidak lucu/konyol
b. tidak memiliki
pesan moral
c. tidak
memiliki konjungsi sebab-akibat
d. tidak menggunakan
konjungsi temporal
e. tidak memiliki
struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda
16. Bacalah teks di bawah
ini!
Agus : Siapa yang kalau jalan memiliki kaki dua dan
kalau berhenti memiliki kaki empat?
Sarjono : Ehm…apa, ya?
Agus : Nyerah? Orang jual es dawet pakai pikulan.
Kalau dia sedang jalan, kakinya hanya dua, tapi kalau dia berhenti kakinya
empat.
Teks di atas tidak termasuk anekdot karena, kecuali.…
a. Tidak menyindir
b. Tidak
lucu/konyol
c. Tidak memiliki
amanat
d. Tidak memiliki
pesan moral
e. Tidak menggunakan
konjungsi temporal
17. Bacalah teks berikut
ini!
Sebelum memilih
jurusan, setiap siswa diwawancarai untuk menjaring data. wanwancara berlangsung
selama 10 menit.
Petugas : Aini!
Aini : ya, Pak
Petugas : silakan duduk. Bapakmu buruh, ya?
Aini : kok tahu, Pak
Petugas : pipimu tidak berstempel springbed tapi tikar
Aini : Maksud Bapak apa, ya?
Petugas : bercanda, Mbak…
Aini masih bersungut-sungut tapi ia harus menjawab pertanyaan
petugas selanjutnya.
Teks di atas termasuk teks anekdot karena, kecuali ….
a. memiliki
pesan/ajaran moral
b. memiliki struktur
c. lucu/konyol
d. menyindir
e. menggurui
18. Berikut ini , yang
termasuk teks anekdot adalah….
a. Harimau (Panthera
tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing
besar”itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. Harimau dapat mencapai
tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna
putih dan cokelat keemasan-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam
b. Saudara-saudara
yang saya hormati, Beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta
demokrasi—memilih presiden dan wakil presiden secara langsung.Saya berharap,
siapapun yang menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada
untuk menerima segala kebijakannya.
c. Pernahkah Anda
membuat SIM, misalnya SIM C? Mengurus SIM tentu memerlukan waktu dan biaya.
Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus SIM C dengan
jalan yang benar.
d. Perdagangan bebas
yang diusung oleh sebuah negara dipastikan dapat menguntungkan atau merugikan
negara yang bersangkutan. Dampak negatif kebijakan politik negara di sektor
ekonomi ini mudah kita temukan di Indonesia.
e. Ibu-ibu
sedang kerja bakti membersihkan jalan desa pada pagi hari. Suasana terkesan
ramai, obrolan seputar harga, gosip, dan anak. “Wah, bulan ini banyak
pangeluaran. Anak saya masuk kuliah dan adiknya masuk SMA,” kata Bu Tini “Semua
ternak saya, saya sekolahkan Bu biar pintar” sambung Bu Tini “He..he..he” tawa
Bu Romlah renyah Mereka pun melanjutkan membersihkan rumput di kanan dan kiri
19. Berikut ini, manakah
yang termasuk teks anekdot .…
a. Sudah diketahui
oleh semua orang bahwa pendidikan formal itu penting. Akan tetapi, apakah
seseorang akan menjadi pemimpin sosial atau pemimpin politik yang bagus pada
kemudian hari tidak selalu ditentukan oleh pendidikan formalnya. Diyakini bahwa
pengalaman juga menjadi faktor penentu untuk menuju kesuksesan.
b. Meskipun pemerintah
melarang transaksi spesies binatang langka, dalam praktiknya populasi binatang
yang dilindungi makin berkurang. Dengan beragam motif, manusia makin berusaha
memiliki secara pribadi binatang-binatang langka tersebut. Apalagi, ketika
pasar domestik atau pasar internasional berani membeli spesies binatang langka
dengan harga tinggi, makin tinggi pula pelanggaran terhadap larangan
memperjualbelikan binatang langka tersebut.
c. Pertumbuhan
penduduk di bumi ini menimbulkan bertambahnya permukiman, pabrik, perkantoran,
dan lain-lain. Pembangunan permukiman, pabrik, dan perkantoran itu dilakukan
dengan memanfaatkan wilayah hutan tempat berbagai jenis binatang hidup. Ketika
hutan dirusak untuk tujuan-tujuan tersebut, habitat atau wilayah tempat
binatang-binatang itu hidup akan berkurang. Hal itu menyebabkan ketersediaan
pangan untuk binatang-binatang itu berkurang. Perubahan kondisi alam yang
demikian itu menyebabkan kepunahan beberapa spesies binatang yang hidup di
hutan tersebut.
d. Program Akselerasi
sangat dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai ritme belajar cepat. Meskipun
sering dikatakan terlalu mahal, itu tidak berarti bahwa program ini tidak
diperlukan.
e. Reuni
berlangsung di sekolah daun Irwan bertanya pada Rudi," Wah, kamu jadi
pejabat, ya?". " Kok tahu?" tanya Rudi lalu Irwan menjawab'
" Ya, tahu lah…wajahmu kan gambar uang." Mereka tertawa bersama,
hanyut dalam suasana gembira.
20. Amati teks berikut
ini!
Teks 1
Seekor kutu tinggal padatanduk banteng. Setelah ada di sana
sekian lama dan merasa ingin pindah, dia kemudian bertanya pada banteng apakah
sang banteng memang ingin pindah.
“Aku tak tahu kapan kau datang, jawab si banteng, “kurasa aku
pun tak perlu memberi peringatan saat kau pergi.”
Teks 2
Sejak bertemu dengan dia, hidupku
menjadi lebih berarti. Setiap hari aku mendapatkan wejangan-wajangan darinya.
Salah satunya adalah wejangan bagaimana cara menikmati hidup agar tidak tamak
dan selalu bersyukur. “Seandainya bisa, manusia pasti akan menggenggam dunia,”
katanya suatu saat.
Teks 3
Saudara-saudara yang saya hormati,beberapa hari yang lalu,
masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden dan wakil presiden
secara langsung. Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan wakil
presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya.
Yang termasuk teks anekdot adalah….
a. Teks
1
b. Teks 2
c. Teks 3
d. Teks 1 dan 2
e. Teks 2 dan 3
1. Apakah yang membuat
teks KUHP dalam anekdot di golongkan ke dalam teks Anekdot?
2. Ciri-ciri apa saja
yang menandai teks anekdot?
3. Siapakah partisipan
yang digambarkan dalam KUHP dalam anekdot?
4. Apakah cerita pada
anekdot itu betul-betul terjadi atau hanya rekaan?
5. Seandainya cerita
itu betul-betul terjadi, beranikah mahasiswa menjawab pertanyaan dosennya
dengan tidak serius?
6. Sebutkan beberapa
hal yang perlu diperhatikan dalam bernegosiasi!
7. Mengapa dalam
membuat ringkasan digunakan kalimat tunggal? Jelaskan!
8. Jelaskan kiat-kiat
untuk meyakinkan mitra bicara!
9. Pengertian
Negosiasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia ternyata mengandung beberapa
unsur, jelaskan!
10. Jelaskan fungsi
negosiasi dan hal-hal apa sajakah yang perlu di negosiasikan!
LEMBAR JAWABAN
UTS 2 BAHASA INDONESIA KELAS X MIA
Nama : Sarah Nurizha Aqilla
Kelas : X
MIA 5
Pilihan Ganda
1
|
E
|
2
|
D
|
3
|
B
|
4
|
C
|
5
|
D
|
6
|
A
|
7
|
D
|
8
|
B
|
9
|
B
|
10
|
B
|
11
|
D
|
12
|
A
|
13
|
B
|
14
|
C
|
15
|
C
|
16
|
B
|
17
|
E
|
18
|
E
|
19
|
E
|
20
|
A
|
Essay
1. Karena teks tersebut mengandung ciri-ciri dari teks anekdot yaitu memiliki
unsur lucu, menyindir, mengandung kritikan, faktual (nyata), memiliki pesan moral, membuat jengkel atau konyol, dan memiliki
struktur: abstraksi, orientasi, krisis,
reaksi, dan koda. Sehingga teks anekdot yang berjudul
“KUHP dalam Anekdot” tergolong ke dalam teks anekdot.
2. Ciri-ciri
teks anekdot:
1. Memiliki unsur lucu
atau konyol;
2. Mengandung kritikan;
3. Bersifat menyindir;
4. Memiliki pesan moral;
5. Digunakan untuk menyampaikan kritik atau lelucon di bidang
layanan publik;
6. Biasanya tokoh atau partisipannya
adalah orang penting atau terkenal;
7. Bersifat menggelitik;
8. Berdasarkan
kejadian yang sebenarnya atau hanya cerita rekaan; dan
9. Memiliki struktur: abstraksi, orientasi, krisis, reaksi,
dan koda.
3. Partisipan yang terlibat dalam anekdot yang berjudul “KUHP dalam Anekdot” adalah
dosen dan mahasiswa atau bisa juga pengamat dan
penegak hukum di suatu negara.
4. Sebagian besar hanya rekaan. Namun
ada pula yang betul-betul terjadi atau diambil dari kehidupan nyata namun
diubah sebagian jalan ceritanya.
5. Kembali kepada mahasiswanya,
berani atau tidak. Dan juga harus melihat kondisinya, jika dosen yang mengajar
saat itu baik hati maka kemungkinan besar mahasiswa berani menjawab pertanyaan
dengan tidak serius dan jika dosen yang mengajar saat itu killer (jahat dan
tegas) maka kemungkinan besar mahasiswa tidak berani menjawab pertanyaan dengan
tidak serius.
6. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
bernegosiasi:
1. Mengacu pada tujuan yang sedang
dinegosiasikan;
2. Memahami persoalan yang akan
dinegosiasikan;
3. Memiliki
informasi dan data tentang persoalan yang akan dinegosiasikan sebagai
bahan
argumentasi;
4. Mengungkapkan gagasan atau pendapat
secara rasional;
5. Menyampaikan penjelasan dengan kalimat
menarik, efektif, dan santun;
6. Bersikap sabar dan terbuka menerima
pendapat orang lain;
7. Berupaya menyakinkan mitra bicara
tentang penting dan bergunanya hal yang kita
negosiasikan secara santun; dan
8. Menghindari sikap suka menjatuhkan
pendapat orang lain.
7. Karena kalimat tunggal lebih baik daripada
kalimat majemuk. Jika menggunakan kalimat majemuk, akan menunjukkan bahwa ada
dua gagasan atau bersifat paralel.
8. Menarik simpati pihak kedua atau mitra negosiasi, ia akan bersimpati terhadap
maksud kita jika ia memahami betul program kita. Karena itu, kewajiban kita adalah
menguraikan sejelas-jelasnya program tersebut. Hal yang tidak boleh kita
sampingkan dalam upaya membangkitkan kepercayaan adalah penampilan kita. Selain
itu, harus memiliki selera humor yang baik, cara berpakaian, sikap dan perilaku
ketika kita berbicara, dan pemahaman kita terhadap situasi komunikasi juga
harus baik.
9. Negosiasi dapat diartikan kegiatan yang
ditimbulkan oleh keinginan untuk memenangkan kemauan atau kepentingan sendiri
karena terhambat oleh kepentingan pihak lain atau adanya pemikiran yang
bertolak belakang. Pihak yang satu merasa konsep, gagasan, program atau sesuatu
yang diingini dianggap sudah benar, sementara pihak lain berfikiran sebaliknya.
Dengan adanya perbedaan prinsip tapi berada dalam kepentingan dan tujuan yang
sama, terjadilah negosiasi. Untuk mencapai negosiasi yang menghasilkan, perlu
adanya penyampaian argumentasi yang kuat dan tak terbantahkan dengan kalimat
yang menarik dan santun.
10. Fungsi
negosiasi yaitu untuk menyelesaikan konflik kepentingan atau permasalahan yang
terjadi di antara kedua belah pihak. Hal-hal yang perlu dinegosiasikan adalah
kepentingan negosiasi pekerjaan dan hubungan dengan keinginan orang banyak.
~ Semoga Bermanfaat ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar